5 Hal ini Yang Patut Kamu Lakukan untuk Tetap Termotivasi

crow-s-sunset-1360006Tentu saja dalam menjalani kehidupan ini, kita merasakan lika-liku. Tahun demi tahun terlalui, kamu bisa saja terus mengalami pasang surut motivasi. Sebagian kamu menganggapnya itu biasa dan berupa bumbu-bumbu kehidupan. Pemanis kehidupan.  Akan tetapi, semakin banyak bumbunya belum tentu enak dicicipi bukan? Kamu membutuhkan cara yang ampuh untuk tetap termotivasi. Gagal. Sedih. Marah. Dan segala bentuk perasaan tidak mengenakkan sesegera mungkin mendapatkan “suntikan” motivasi. Bukan begitu?

1          Pahami Bahwa Kamu Perlu Menikmati Hidup

Kegagalan yang kamu hadapi adalah bagian dari perjalanan hidupmu. Dirimu hanya perlu menikmatinya. Rasa sedih. Ditinggalkan oleh orang yang kamu cintai. Tidak lulus ujian. Mendapatkan penilaian yang tidak mengenakkan. Menjadi bahan perbincangan teman kantor, dan segudang cobaan lain adalah bagian pemelajaran yang perlu kamu nikmati. Nikmati sajalah! Ingat hidup ini seperti roda terkadang kamu di atas terkadang kamu di bawah. Sesudah kesulitan ada kemudahan, ya kemudahan. Bagaimana bisa kamu memeroleh kemudahan, apabila menghadapi kesusahan saja dirimu tak mampu. Sekali lagi, nikmati saja hidupmu!

2        Merenunglah 5 Menit Setiap Harinya

Kesibukkan keseharian kita, bisa jadi membuat kita lupa untuk merenung sejenak. Ya, coba merenung sejenak, memikirkan apa yang sudah kamu lakukan selama sehari. Jadikanlah rutinitas lima menit saja untuk merenung. Ini dapat meningkatkan kecerdasan personal kamu dan tentu saja dirimu akan lebih dewasa dalam memandang kehidupan ini. Orang-orang terdahulu selalu menyempatkan waktu tiap hari nya untuk mengevaluasi diri mereka, melakukan perbaikan diri dari hari demi hari.

3        Bangun Tengah Malam

Saat-saat yang tepat untuk me-charge energi kamu yaiut dengan mencoba bangun tengah malam.  Tulislah rencana hidupmu di hari itu juga. Tulislah semua aktifitasmu. Tulislah semua harapan-harapanmu di hari itu. Dan lebih indah lagi apabila dirimu juga menuliskan keinginan-keininganmu di tahun ini. Tulislah di secarik kertas yang dapat kamu lihat tiap malamnya. Semakin sering dirimu “meresapi” keinginan-keinginanmu, maka semakin terpatri semangat jiwa untuk menjadikannya sebagai kenyataan. Kamu yang muslim, alangkah nikmatnya diawali dengan shalat Sunnah 2 rakaat atau shalat malam (qiyamullail). Karena diwaktu inilah, Allah swt mendengarkan seluruh keinginan-keinginanmu!

4       Bangun Lebih Pagi

Mungkin kamu bertanya, apa hubungannya antara menjaga motivasi dan bangun lebih pagi. Kamu yang kerja, tentu bangun lebih pagi akan mudah mempersiapkan segala hal yang kamu butuhkan seperti jadwal kerja hari itu, persiapan presentasi, dan lainnya. Dirimu lebih siap. Kamu yang akan ketemu pelanggan tentu saja bangun lebih pagi memberikan semangat yang “fresh” untuk memikirkan strategi dan bahan pembicaraan nantinya. Otak segar semangat pun terpacu.

5        Re-Charge Energi Jiwamu

Kamu yang beragama Islam, shalat menjadi salah satu hal yang tepat untuk mengisi kembali semangat jiwamu. Shalatlah dan berdoalah kepada Allah. Sibuk kerja tapi jangan lupa shalat. Karena motivasi itu berasal dari jiwa, maka sudah sepantasnya dirimu mengisi jiwamu. Pekerjaan bertumbuk tinggalkanlah sejenak. Seusai shalat mohonlah kepada Allah akan keridhaan dan keberkahan. Mintalah kemudahan. Mintalah kepada Allah semua keinginan-keinginan kita dengan begitu menambah motivasi dalam diri kamu. Ingat, semakin sering kita mengungkapkan keinginan-keinginan kamu, maka semakin termotivasilah dirimu untuk mencapainya. Inshaa Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s