Syukurku Wisudaku


Membahagiakan dan mengaharukan. Mungkin itulah gambaran rasa senangku. Tak terasa, setelah empat tahun berkutat dengan ilmu statistik, akhirnya, detik ini aku duduk di sini untuk diwisuda.  Sungguh membahagiakan. Wajahku terlihat sumringah. Aku tersenyum puas. Empat tahun telah aku lewati di Jakarta dengan sukses. Ya, syukur Alhamdulillah, aku telah menaklukkan Jakarta dan tempat kuliahku. Sebuah kejaiban dalam kehidupanku.
 Hanya satu harapanku semoga saja wisuda kali ini bukanlah wisuda yang terakhir. Aku masih ingin terus belajar, belajar, dan belajar. Gelar yang aku miliki sekarang sebagai seorang sarjana tentu harus aku pertanggungjawabkan. Bukan semata-mata mempertanggungjawabkannya pada masyarakat. Bukan saudaraku! Tapi, aku pun harus mempertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Mudah-mudahan dengan gelar kesajarnaanku ini semakin mendekatkan diriku kepada Sang Maha Kuasa.
 Bagiku, wisuda kali ini, meskipun memberikan kesan mendalam terhadap diriku. Akan tetapi, aku harus mempersiapkan diri untuk menempuh wisuda-wisuda lainnya. Mungkin saja kelak, aku wisuda untuk magister atau doctoral. Atau, yang mesti harus lebih aku persiapkan yaitu wisuda di hari ketika nafas terakhir berhembus. Ya, saat malaikat maut datang mewisudaku, dan mengantarkanku ke alam kubur. Itulah wisuda yang sesungguhnya.  Mudah-mudahan wisuda dunia ini lebih memberikan persiapan yang matang bagi diriku untuk diwisuda pada tarikan terkahir nafasku. Amin.
 Ibuku tersayang, terima kasih atas doa-doamu yang terus mengalir dalam kehidupan anakmu ini. saudara-saudara seperjuanganku, wisudawan/wisudawati angkatan 46, terima kasih atas motivasi dari kalian. Semoga kita tetap saling mempererat hubungan kekeluargaan. Teman-temanku di komunitas sekolah kehidupan, forum lingkar pena, dan yang tak sempat aku sebutkan satu demi satu, terima kasih atas dukungan dan pencerahan dari kalian semua. Hanya Allah yang dapat membalasnya.

21 thoughts on “Syukurku Wisudaku

  1. FaJaR_sAnToSo_pUtRa berkata:

    Din, wisuda kemaren tuh bukan keajaiban, tapi itu adalah buah dari segala ikhtiar kita…
    Buah yang terasa sangat manis tentunya.
    Selamat ya Din. Seperti yang kamu bilang, ini belum berakhir. Layaknya sebuah permainan, wisuda kemarin adalah akhir dari suatu level yang kemudian membuka level baru yang lebih sulit dan penuh tantangan pastinya.
    Hidup masih terus berjalan Din.

  2. Edy Zaqeus berkata:

    Mas Rusdin, selamat ya. Sejak awal saya sdh “curiga”, Anda ini mahasiswa luar biasa. Tunggu waktunya, saya akan interview Anda (jika Anda ada waktu ya). Ok, selamat berkarya.
    Salam bestseller
    ~ ez

  3. Ima berkata:

    Assalamualaykum…
    Barakallah y ka’ dah d wisuda.
    Wah.. wisudanya mengesankan d depkeu, pas tu kan angktan 50 jg dtg.
    Sukses untuk slnjtnya.
    Td training pnulisannya singkat bngt.
    Td kan baru mslh gali ide dan mulai menulis, untuk endingnya?
    Bgmn cr menciptakan ending yg cerdas n mengesankan??
    Jazakallah…
    Wassalamualaykum wr wb

  4. ihsan laidi(luwuk) berkata:

    tapi ngomong2 ana sempat diskusi dengan seorang ikhwah dimakassar, beliau anak luwuk dan sering nongkrong di blog antum ini, dia bilang “rusdin itu sebenarnya bagaimana ? hampir setiap kali saya buka blognya di bulan berikutnya eh ada lagi buku baru…??? salut …???”

  5. rusdin berkata:

    @Pak Suwito
    Bapak dapat memperolehnya di grmedia. coba aja search nama saya di aplikasi Gramedia pasti ada insya Allah. beberapa buku memang sudah berkurang stoknya. seperti QLoA, tinggal sedikit.

  6. erander berkata:

    Setelah berjuang selama empat tahun, bersyukurlah bapak telah menuai hasil yang memuaskan sehingga layak untuk diwisuda .. dan selanjutnya tentu lebih berat lagi untuk mengaplikasikan apa yang telah kita perjuangkan selama empat tahun. Sukses selalu .. maaf, saya baru berkesempatan mampir disini. Karena message bapak di blog saya bulan September barusan saya baca. Semoga ucapan ini belum terlambat ya pak.

  7. smartsholeha berkata:

    Aslm… din BarakaLLah… Selamat datang di Dunia Nyata….
    Smoga apa yang telah dilalui dan ilmunya berkah dan mendapat ridho Nya. Alhamdulillah ir juga udah wisuda….
    Smoga bisa lebih bermanfaat untuk umatnya… amiin. saling do’akan ya…
    jazakallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s