Kedasyatan Spiritual untuk Kesuksesan Hidup

Salat secara “SMART”? Benarkah?

      Setelah membaca buku “salat SMART” buah tangan dari bpk. Shodiq, dalam benak saya terbesit, bahwa salat yang selama ini hanya berupa aktivitas batin dan fisik, rupanya mampu melejitkan kemampuan otak manusia. betapa tidak, dalam buku tersebut merinci beberapa aktivitas salat yang mendatangkan kecerdasan. masalahnya adalah sampai berapa lama kita memperoleh kecerdasan melalui salat. apakah dengan hanya sekali melaksanakan salat lantas kecerdasn itu merasuki diri kita, atau kita harus melaksanakannya berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus kali. mengenai hal ini, saya tidak tahu persis. kenapa? menurut saya, salat yang mencerdaskan tak dapat kita ukur dengan berapa kali kita mendirikan salat atau sampai berapa umur kita. boleh jadi, pertama kali kita salat dengan menerapkan prinsip-prinsip salat “SMART”, kita langsung menemukan kecerdasan diri. namun, tak berhenti sampai di situ saja, semakin kita bersalat secara “SMART” maka semakin bertambahlah kecerdasan kita.

memang benar, kalau anda ataupun saya mengatakan: “apakah ada bukti secara empiris yang menunjukkan hal ini?” saya pun tidak tahu persis. tapi, minimal ada sebuah hadis yg memberikan keyakinan pada kita bahwa salat pun harus di tegakkan dengan akal.  oleh sebab itu orang yang tak memiliki akal (yg berpenyakit jiwa) tidak diwajibkan melaksanakan salat. dari fakta ini lah, saya pikir sudah cukup mewakili bahwa salat harus didirikan dengan akal pula.

lantas bagaimana dengan diri kita yg tidak melibatkan akal dalam salat? mengenai hal ini, saya pun tidak tahu banyak. untuk menjawab semua itu, mari kita tanyakan ke pada penulis (Bpk. Shodiq) . kita dapat mengunjunginya di http://muhshodiq.wordpress.com

selamat berfikir!!!

3 thoughts on “Kedasyatan Spiritual untuk Kesuksesan Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s