Kekuatan Perasaan

SMART HEARTMungkin selama ini Anda sudah bersusah payah, banting tulang bahkan segenap tenaga sudah Anda kerahkan seoptimal mungkin, tetapi harapan-harapan Anda tidak kunjung terwujud. Ada apa gerangan? Sedangkan di dunia lain, ada juga manusia yang berusaha tak kalah kerasnya dengan Anda, mengerahkan semua jiwa raganya, justru mendapatkan impian-impiannya. Bahkan, ia selalu mendapatkan “keajaiban” dalam hidupnya.            

Pernah saya menemukan orang yang biasa-biasa saja, tidak kaya dan tidak miskin, berpenampilan sahaja. Anehnya, ia selalu saja bekerja dengan santai, tanpa memikirkan beban apapun. Dan apa yang terpikir di kepalanya selama ini? Dia hanya berpikir, kewajibannya hanyalah berusaha dan menyempurnakan usaha, hasilnya terserah yang di atas. Dan apa yang didapatkan orang seperti ini? justru kehidupannya bertaburkan kebahagiaan, jauh dari kesengsaraan.          

  Lantas, kenapa mereka yang telah bersusah payah mengerahkan segenap tenaganya tak kunjung meraih impiannya? Penyebabnya tak lain adalah mereka tidak menghadirkan hati dalam setiap usahanya. Dengan melibatkan hati sepenuhnya dalam setiap aktivitas, maka insyaAllah, Anda akan memperoleh sebuah kepuasan, kesenangan dan ketentraman. Kenapa? Karena saat Anda menganggap bahwa apa yang Anda lakukan bersumber dari hati terdalam, maka Anda tidak akan pernah mengeluh atau marah-marah. Dan yang terasa adalah Anda seakan-akan tenggelam dalam pekerjaan atau aktivitas yang sedang Anda geluti.          

  Ambil contoh, saya pribadi sudah beberapa bulan ini menulis beberapa buah buku. Anehnya setiap kali saya menulis, kebahagiaan terus saja berdatangan dalam jiwa. Hasilnya, ide-ide menulis mengalir deras di kepala saya. Ide-ide menulis tersebut berdatangan dan merasuki jiwa saya. Hal ini membuat saya menulis dengan cepat dan menikmati kegiatan menulis ini.           

 Setiap kali menulis membuat saya merasakan ketenangan, kenyamanan dan kebahagiaan. Saya lupa waktu, lupa mandi, lupa makan dan itu terjadi karena saya tenggelam dalam proses menulis yang benar-benar memberi kenikmatan tersendiri. Saya tak habis pikir, ”kok bisa ya saya menulis sampai lupa waktu?” Saya mulai keheranan. Saya tidak sedikit pun merasakan kelelahan yang berat. Padahal, jam menulis saya hampir delapan jam setiap harinya. Pernah juga saya menulis dari jam lima sore sampai jam satu dini hari.            

Sejenak saya berpikir, bagaimana hal itu bisa terjadi? Menurut saya hal itu dapat saya lakukan dengan baik karena saya melibatkan hati dalam aktivitas menulis saya.            

Lantas, mungkin Anda bertanya-tanya, ”Ada apa sebenarnya dengan hati?” “Bagaimana menghadirkan hati dalam aktivitas keseharian?” Tenanglah kawan! Setiap orang punya caranya masing-masing. Boleh jadi, cara mereka berbeda-beda. Akan tetapi, ada satu cara yang dapat digunakan siapa pun untuk merangsang kehadiran hati dalam hidup Anda. Mau tahu? (Penjelasan selanjutnya dapat Anda temukan dalam buku saya: SMART Heart, cara Cerdas Melembutkan Hati [segera terbit])

12 gagasan untuk “Kekuatan Perasaan

  1. wew I agreeee men!!! apapun perbuatannya klo didasari hati.. its gonna be better.. din bukunya yah.. minta atuuuuuu aj..hihihi itung2 sedekah buat sahabatmu ini hwehwehwe..

  2. aku jadi pengen baca…

    eh, be-te-we, you haven’t reply my email back…

    aku tungguin lo. aku harap blog-mu bisa jadi forum diskusi yang sehat. di mana kita bisa saling mengayakan dan berbagi. bukan cuma tempat buat “say hay” doang. soalnya aku liat kamu punya potensi. kemaren aku ngabarin tya; liat blog anak ini, lo pasti suka. terus dia liat dan comment.

    aku suka berbagi dengan orang-orang. karena tiap orang beda, jadi bisa saling mengisi. di kampus, aku biasa sama diskusi dan tukar pikiran. tapi di kampus kan “species”-nya sama semua. jadi aku suka tuker pikiran sama orang-orang di luar kampus. banyak orang yang kaya akan kebijaksanaan, luas ilmunya, dan banyak pengalamannya di luar sana yang perlu kita serap “kekayaannya”. ya nggak?

    STIS’s fine. aku punya temen di sana. aku pernah minta tolong waktu bikin riset rating di kampus.

    jadi jangan marah ya sama comment-comment kita–aku dan tya–yang mungkin agak gimana gitu.

    kalo kamu berbeda pikiran, itu bagus! jadi kita bisa saling memberikan pengertian dan pemahaman baru. nggak monoton. ya nggak?

    aku lagi punya proyek penelitian yang temanya kira-kira secara sederhana; analisis teori dialektika materialisme dalam montage Sovyet (Eisenstein) dengan metode aljabar linier. kalo kamu tertarik, kamu bisa ngasih masukan. hahaha…aku juga minta tolong sama anak STIS buat jadi “penasehat” aljabar-ku. karena kampus menolak tema ini untuk skripsi (karena bobotnya ternyata lebih cocok buat thesis) aku jadi males, sekarang jadi terbengkalai deh…

    senang berteman denganmu… :-)

    kalo aku menemukan bukumu, aku bakalan baca… mudah-mudahan nggak susah nyarinya.

    see you again.

    kalo kamu nggak suka comment-ku, aku akan berhenti ber-comment. :-)

  3. trimakasih banyak atas apresiasinya. saya sangat senang sekali punya banyak teman. terus terang, selama ini, teman-teman saya cukup banyak. so, nggak usah canggung jika mau berkenalan atau omongin sesuatu. insya Allah bisa saya bantu.

    saya dan teman2 di luar, sekarang sedang mendirikan lembaga pelatihan sumber daya manusia. Insya Allah kita akn menangani 20 juta.

    teman kamu di STIS itu siapa ya? oke bangat tuh skripsinya. oh, ya kamu kuliah dimana? malah aku jadi penasaran. hehe

  4. wah, bikin penasaran bukunya.. coba aja dposting smua k blog ini tentunya saya akan senang sekali… hehe :p

    btw, krn km hobymaka km bisa tahan menulis sampe berjam2 dan krn itu kegiatan yg kamu sukai.. sedangkan saya, misalkan saya suka gaming, itu juga bisa bikin lupa waktu.. hehe tp sbnrny beda konteks yah.. :p

    intiny sih, mnrt saya lakukan sesuatu itu dengan menggunakan hati yg ikhlas.. seperti kita beramal aja..

    btw, strategi untuk merangsang kehadiran hati dalam hidup kita.. hmm bole jg tuh dpelajari..

    siph, smg sukses yah peluncuran bukuny.. :)

  5. Galz: Trimakasih banyak! Mau Beli nggak? hehe… Gimana kuliahnya di STT Telkom? MEngasyikkan ya….kapan2 ketemuan di Bandung ya….

  6. aku kuliah Kajian Media fakultas Film dan televisi Institut Kesenian Jakarta semester 7.
    temen STISku?
    Kak Sinunk (si asakuratorvald itu lah)…
    eh, gosipnya kamu dapet job-joban nulis dari milis ya? bukan dari ngelamar gitu? kok bisa ya?
    balesan emailku nanti dulu ya…

  7. perasaan senang ataupun sedih
    sebenarnya memang hanya tanggapan dari pikiran ya…
    kalau mampu mengerti sumber dari hal tersebut
    maka kita bisa menjalalninya dengan lebih ikhlas dan istiqamah

  8. Saya sedang memperkaya jiwa saya dengan banyak membaca buku … dan saya ingin terus belajar, terima kasih lisensi buku ini yah :)

  9. Saya dari Malaysia. Saya ingin bertanya buku Smart Heart ada kah dijual di Malaysia. Terjemahan Bahasa Malaysia.

  10. walahhhhh jadi penasaran nihhhh kayak cerita bersambung baru dapat ekstranya doang he he he he ibarat buku baru baca pendahuluannya itupun dikit. di tunggu dehhh….tuh bukunya nggak pake lama yaaaa….

Tinggalkan Balasan

